MUI Sumenep Keluarkan Fatwa, Salat Tarawih dan Ied Boleh Selama Masa Covid-19

MUI Sumenep Keluarkan Fatwa, Salat Tarawih dan Ied Boleh Selama Masa Covid-19
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep, KH. A. Safroji saat ditemui di kediamannya di Jalan KH. Zainal Arifin Pandian Sumenep (Foto/Hayat Prayitno - Sinergi Madura)
MUI Sumenep Keluarkan Fatwa, Salat Tarawih dan Ied Boleh Selama Masa Covid-19

Sumenep, Sinergi Madura - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya mengeluarkan fatwa terkait kegiatan keagamaan selama bulan suci ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

Ketua MUI Kabupaten Sumenep, KH A Safroji mengatakan, daerah yang masih berada pada zona hijau dalam penyebaran Covid-19 tetap diperbolehkan melaksanakan salat tarawih dan salat ied maupun kegiatan keagamaan lainnya.

"Kami (MUI, red) telah mengeluarkan fatwa berkenaan dengan zona yang masih aman dari corona agar tetap diperbolehkan melaksanakan salat tarawih maupun salat Ied," ucapnya saat ditemui Sinergi Madura di Jalan KH Zainal Arifin Pandian Sumenep, Rabu (8/4/2020).

Namun demikian, menurut suami dari Dewi Kholifah atau yang akrab dipanggil Nyi Eva ini, dalam melaksanakan salat tarawih maupun salat ied baik di masjid, musala, atau lapangan secara berjamaah tetap diharuskan menjaga jarak sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kabupaten berlambang kuda terbang.

"Tadarus Alquran, iktikaf di masjid juga tetap diharuskan jaga jarak agar virus corona tidak menyebar," imbuhnya. 

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada segenap masyarakat di ujung timur Pulau Madura untuk membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang selama Bulan Ramadhan, seperti buka puasa bersama (Bukber).

"Sifat kehati-hatian itu tetap dilaksanakan walaupun Sumenep masih belum masuk zona merah. Ikhtiar atau usaha yang sungguh-sungguh tetap harus dilaksanakan. Jadi kita tetap waspada," sambungnya.

Terakhir, pihaknya juga berharap agar masyarakat di Kota Sumekar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka bersama-sama melawan penyebaran Covid-19.

"Yang juga penting dilakukan adalah mengikuti anjuran dari pemerintah di samping memperbanyak do'a memohon kepada Allah. Mudah-mudahan virus corona ini akan cepat diangkat," tandasnya.

Penulis: Hayat
Editor: Alan