Pasien Positif Corona di Sumenep akan Sembuh, Bupati Ungkap Caranya

Pasien Positif Corona di Sumenep akan Sembuh, Bupati Ungkap Caranya
Bupati Sumenep A Busyro Karim (tengah) saat konferensi pers beberapa waktu lalu (Foto/Mazdon)
Pasien Positif Corona di Sumenep akan Sembuh, Bupati Ungkap Caranya

SUMENEP, SINERGI MADURA - Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, A. Busyro Karim menyebut bahwa empat pasien pertama kali positif Covid-19 akan sembuh apabila sudah menjalani dua kali swab tes berturut-turut dan hasilnya negatif.

"Untuk dibuktikan bahwasanya itu sembuh itu hasil swabnya harus dua kali negatif bukan sekali negatif langsung dikatakan sembuh," ucap Bupati Busyro pada saat menggelar konferensi pers di Aula Media Center Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Jum'at (15/5/2020) lalu.

Lebih lanjut Busyro menjelaskan, hasil swab tes yang dilakukan oleh petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moh. Anwar (RSUDMA) terhadap empat pasien positif Covid-19 itu sampai saat ini masih cenderung berubah-ubah.

"Pasien satu sampai empat itu jadi yang masuk laporan ke kami ada satu pasien itu yang positif, negatif setelah empat belas hari, di swab lagi positif lagi ada yang seperti itu. Ada yang tiga kali itu memang masih positif terus," bebernya.

"Jadi ketika negatif tunggu lagi empat belas hari, setelah empat belas hari di rumah sakit itu di swab lagi dan hasilnya itu negatif baru itu dikatakan itu sembuh," imbuhnya.

Lebih lanjut Busyro menyatakan, pasien satu sampai nomor empat yang dinyatakan positif Covid-19 saat ini sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit plat merah milik Pemkab Sumenep. "Empat orang itu masih dirawat di rumah sakit Sumenep," simpulnya.

Ketua Satgas Covid-19 Sumenep, dr Andri Dwi Wahyudi (tengah) saat konferensi pers bulan lalu (Foto/Mazdon - Sinergi Madura)

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 RSUDMA, dr. Andri Dwi Wahyudi yang menyebutkan bahwa dalam dunia medis tidak ada sesuatu hal yang pasti.

"Itu istilahnya memang dalam dunia medis tidak ada yang pasti. Ingin semuanya sembuh dan semuanya bagus, ada yang negatif berubah ke positif. Jadi, bisa dikatakan sembuh apabila dua kali tes swab hasilnya negatif," katanya.

Dari keempat pasien itu, sambung Andri, madih belum ada yang menjalani dua kali swab berturut-turut dengan hasil negatif Covid-19. 

"Kebetulan pasien yang kita rawat di sini belum ada yang dua kali hasilnya negatif," sebutnya.

Sekadar untuk diketahui, bahwa jumlah pasien positif Covid-19 di kabupaten ujung timur Pulau Madura mencapai enam orang. Satu orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh yang merupakan pasien nomor lima yang merupakan karyawan Bank Jatim Cabang Pembantu di Pragaan, Sumenep.


Penulis: Hayat 
Editor: Alan