Satu Lagi Warga Sumenep Dinyatakan Positif Corona Usai Jalani Tes Swab

Satu Lagi Warga Sumenep Dinyatakan Positif Corona Usai Jalani Tes Swab
Konferensi Pers terkait satu lagi warga di Sumenep Positif Covid-19 (Foto/Hayat - Sinergi Madura)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Satu orang di Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur kembali dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab di Rumah Sakit Umum Daerah Moh. Anwar (RSUDMA) Sumenep.

"Jadi semua berjumlah enam orang, jadi yang sekarang ini yang nomor enam," ungkap Bupati Sumenep, A. Busyro Karim saat melakukan konferensi pers di posko Covid-19, Jum'at (15/5/2020).

Bupati Busyro menambahkan, pasien keenam yang dinyatakan terpapar positif Covid-19 itu sebelumnya diketahui bekerja di Surabaya.

"Pasien yang sekarang ini yang positif corona atau yang terakhir ini adalah pada dasarnya tidak menetap di Sumenep. Dia kerja di Surabaya," urainya.

Saat di Surabaya, jelas Busyro, pasien tersebut sempat melakukan rapid test dan hasilnya menunjukkan reaktif Covid-19.

"Dan itu harus diisolasi di rumahnya. Karena rumahnya memang di Sumenep dia pulang ke Sumenep untuk isolasi diri," katanya.

DARI KIRI: Ketua Satgas Covid-19 Sumenep dr Andri Dwi Wahyudi, Kadinkes Agus Mulyono, Dandim 0827 Letkol Inf Ato Sudiatna, Bupati A Busyro Karim, Kapolres AKBP Deddy Supriadi, dan Sekda Edy Rasiyadi saat konferensi pers di Media Center Pencegahan dan Penanganan Covid-19, 15 Mei 2020 (Foto/Hayat - Sinergi Madura)

Lebih lanjut Bupati dua periode ini menjabarkan, selama 14 hari pasien itu menjalani isolasi mandiri, kemudian pasien tersebut meminta agar dilakukan swab di rumah sakit berplat merah milik Pemkab Sumenep.

"Dia ke rumah sakit minta dilakukan swab, dan ternyata setelah hasilnya datang dua hari yang lalu, ternyata hasilnya positif corona," sebutnya.

Saat ini, pasien keenam yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 itu sedang menjalani perawatan di rumah RSUD setempat.

"Sekarang ada di rumah sakit Sumenep, dirawat," simpulnya.

Dengan demikian, menurut Busyro, enam pasien positif Covid-19 di kabupaten ujung timur Pulau Madura itu diketahui terjangkit virus corona dari luar daerah (Surabaya).

"Jadi, sampai sekarang ini dari enam pasien yang positif corona semuanya sebarannya ternyata tidak di Sumenep, hampir bisa dikatakan seperti itu. Yang sekarang ini orang Sumenep yang ada di Surabaya. Jadi sebaran virusnya itu memang di Surabaya," tandasnya.


Penulis: Hayat 
Editor: Alan