Warga Desa Cabbiya Salat Tarawih di Musala Assyafi'ie dengan Protokol Covid-19

Warga Desa Cabbiya Salat Tarawih di Musala Assyafi'ie dengan Protokol Covid-19
Pelaksanaan salat tarawih di Musala Assyafi'e dengan cara menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Foto/Suriono for Sinergi Madura)

SUMENEP, SINERGI MADURA- Sejumlah warga di Desa Cabbiya, Kecamatan Talango, Sumenep, Madura, Jawa Timur tetap melaksanakan salat tarawih berjamaah di Musala Assyafi'e dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.


Penerapan protokol kesehatan tersebut diberlakukan mulai dari menyediakan alat cuci tangan dan pembatasan jarak fisik antar saf salat sesama jemaah.


"Jemaah juga diimbau mengenakan masker guna meminimalisir penyebaran Covid-19," kata takmir musala setempat, Suriono, Kamis (30/4/2020) malam.


Pelaksanan salat tarawih itu tetap dilakukan berdasarkan hasil musyawarah antara takmir musala, sejumlah tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat dengan catatan harus sesuai dengan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah Kota Sumenep.


"Kami yang memilih beribadah di musala yakin, dengan menjalankan protokol kesehatan, pelaksanaan ibadah Ramadan tetap dapat dilakukan," imbuhnya.


Tidak hanya itu, jemaah yang kondisi kesehatannya kurang baik juga diimbau agar melaksanakan salat tarawih di rumah masing masing.


"Kami juga mengimbau jemaah yang kondisi badannya kurang sehat sebaiknya salat tarawih di rumahnya. Ini bukan apa, ini juga demi kebaikan bersama," imbuhnya.


Terakhir, pihaknya berharap kepada warga setempat yang ingin membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadan 1441 Hijriah ini supaya menghubungi langsung pihak takmir musala setempat.


"Kami juga masih cari donatur masker tapi, belum dapat. Kami mengharap ada orang yang mau memberikan secara cuma-cuma agar kami bisa melaksanakan ibadah dengan maksimal," harapnya.


Penulis: Hayat 
Editor: Alan